10 Tips untuk Membantu Pengembangan Kepribadian

Standard

Image
  1.  Habiskan waktu dalam kegiatan sehari-hari untuk diri sendiri. Kebanyakan dari kita memberikan waktu dan usaha kita untuk kebutuhan atau pekerjaan orang lain. Oleh karena itu cobalah luangkan waktu beberapa menit untuk diri sendiri yang akan membawa perubahan besar dalam jangka waktu yang lama.
  2. Pikirkan tentang dan temukan jika Anda benar-benar sedang melakukan apa yang Anda inginkan. Kebanyakan dari kita, disebabkan oleh keadaan, tidak mampu untuk mengerjakan apa yang kita inginkan, mulai sekarang mari kita singkirkan alasan-alasan ini dan memulai melakukan apa yang kita inginkan. Hal ini akan menciptakan tingkat energi baru dalam diri Anda ketika Anda melakukan sesuatu yang benar-benar Anda inginkan.
  3. Alasan paling penting yang mencegah kita untuk melakukan hal-hal untuk diri kita sendiri adalah pemahaman dan pandangan kita tentang kesalahan. Jangan pernah takut akan kesalahan, jangan biarkan kegagalan menghentikan Anda dari hal-hal yang Anda ingin lakukan. Setiap orang dari kita telah belajar pada tingkat-tingkat awal hidup kita bahwa “Kegagalan adalah batu loncatan untuk meraih sukses” tetapi kenyataanya tak satupun dari kita mengikutinya.
  4. Anda juga harus fleksibel untuk merubah jalan Anda ketika sesuatunya tidak berjalan sesuai dengan keinginan Anda. Ketika Anda menetapkan pikiran Anda terhadap sesuatu, sesuatu itu mungkin tidak akan berjalan lancar seperti keinginan Anda, dalam keadaan ini Anda harus siap untuk melakukannya dengan cara yang berbeda.
  5. Belajar disiplin dan bertanggung jawab. Hal ini dapat dilakukan dalam melaksanakan kegiatan sehari-hari dengan cara menetapkan jadwal dan kriteria tertentu atas hasil yang ingin Anda capai. Cobalah untuk melakukan kegitan tersebut sesuai dengan jadwal tersebut dan bandingkan hasilnya dengan kriteria yang Anda inginkan. Apabila Anda tidak melakukannya sesuai jadwal yang telah ditentukan atau hasilnya kurang memuaskan, Anda harus memberikan hukuman kepada diri Anda sendiri. Hukuman tersebut tentunya harus membangun kemampuan Anda.
  6. Dalam kegiatan Anda sehari-hari temukan waktu dalam kehidupan Anda sehari-hari untuk membaca atau mendengar beberapa artikel pengembangan kepribadian yang memberikan Anda pelajaran inspirasional yang akan memberikan Anda energi positif untuk peningkatan. Anda juga dapat mengikuti seminar atau pelatihan pengembangan kepribadian untuk menambah pengalaman dan motivasi Anda.
  7. Otak kita memberikan respon lebih banyak pada gambar dari pada kata-kata. Jadi buatlah beberapa gambar tujuan-tujuan Anda dan visualisasikan itu dalam kehidupan sehari-hari Anda. Anda dapat mempraktekkan ini dengan menempelkan sebuah gambar di dinding depan tempat tidur Anda dan tentunya ini akan membantu Anda untuk melihat tujuan Anda ketika Anda bangun.
  8. Jaga kesehatan tubuh dan pikiran untuk melawan pemikiran negatif Anda. Yoga akan sangat membantu Anda melakukan hal ini. Bangun awal dipagi hari, lakukan latihan pernafasan beberapa saat akan dapat merefresh pikiran Anda dan akan memberikan Anda hari yang cerah.
  9. Buatlah catatan atau diary atas semua hal-hal positif dan negatif yang Anda hadapi dalam kehidupan Anda sehari-hari. Melihat kembali catatan-catatan dalam diari Anda akan membantu Anda mengukur perkembangan Anda dan ini juga akan membantu Anda belajar dari pengalaman hidup pribadi Anda.
  10. Kapanpun Anda mencapai sesuatu, jangan menyimpannya untuk diri Anda sendiri, berbagilah dengan teman dekat atau pasangan Anda dan rayakan. Hal ini akan memotivasi Anda untuk membuat pencapaian-pencapaian dalam hidup Anda.
Selamat Mencoba🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s